Minggu, 10 Januari 2010

Pertanyaan Seputar Kehamilan


Banyak orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan sederhana dan umum, karena minimnya pemahaman tentang seks. Berikut diantaranya pertanyaan seputar kehamilan :

Bisakah saya hamil saat berhubungan seks tanpa kondom, lalu si pria menarik penisnya sebelum ejakulasi ?
Ya, tentu saja. Karena kita tidak tahu pasti kapan pasangan kita menarik penisnya saat menjelang ejakulasi. Terdapat suatu zat yang mendahului mani yang disebut cairan pra-ejakulasi. Cairan ini memang sebagai pelumas yang mengandung sperma yang bisa menyebabkan kehamilan. Pada pria normal akan kesulitan mengeluarkan penisnya saat berhubungan seks. Ejakulasi yang dikeluarkan baik di bibir vagina atau di permukaannya dapat atau bisa menyebabkan kehamilan.

Bisakah saya hamil jika berhubungan seks saat menstruasi?
Bisa. Pendarahaan saat menstruasi tidak berhubungan dengan proses ovulasi , yakni saat telur dikeluarkan dari ovum. Semua dapat terjadi pada waktu yang berbeda.

Apakah kondom bisa 100 persen mencegah kehamilan?
Tidak . Tidak ada alat kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan seratus persen. Kondom cukup efektif mencegah kehamilan, namun kualitas kondom sangat menentukan , apakah karet yang ada pada pangkal penis dapat menahan cairan sperma agar tidak tumpah kedalam vagina. Kondom yang longgar dapat menyebabkan sperma tumpah. Ini pun bisa terjadi karena kondisi dan suasana saat ‘kontak badan ‘.

Kalau berhubungan di shower, bath tub atau hot tub bisa hamil ga?
Bisa. Kalau pada saat ejakulasi terjadi didalam vagina sudah pasti hamil, karena pergerakan sperma sangat cepat tidak kurang dalam satu menit.Juga tergantung pada pergerakan sperma, karena pada setiap pria berbeda. Sperma dapat bergerak cepat melalui saluran sel telur, tetapi ada juga yang begitu dikeluarkan bergerak lambat dan akhirnya mati. Sperma membutuhkan media yang tepat untuk bergerak dan hidup seperti sifat basa pada vagina ,sedangkan air bukan media yang tepat untuk sperma. Namun jika ejakulasi dikeluarkan didalam vagina meskipun didalam bathtub sekalipun , anda tetap akan bisa hamil.

Bagaimana kalau saya mengonsumsi pil pengontrol kelahiran ?
Jika anda bisa mengatur kedisiplinan dalam mengkonsumsi pil KB , tentu kehamilan bisa dihindari. Pil KB mencegah ovulasi dan membuat sel telur lebih kental sehingga sperma terjebak dan tidak bisa membuahi sel telur. Pil ini harus rutin di minum pada jam yang telah ditentukan.

Amankah berhubungan setelah meminum pil?
Tidak, karena pil akan efektif setelah enam atau delapan jam setelah dikonsumsi.

Sumber : Dr.Elfahmi Noor Aziz, Spog

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda