Selasa, 12 Januari 2010

10 Tips Membuat Anak Berprestasi


Siapa yang tidak bangga melihat anak kita berprestasi di sekolah. Tidak bisa dipungkiri keterlibatan orang tua memegang peranan penting. Berikut ini cara yang bisa dilakukan agar anak berprestasi dikelasnya :


1.Ciptakan lingkungan untuk mendorong anak semangat belajar.
Menyediakan kesempatan anak untuk senang belajar, bisa juga dengan menyediakan benda yang menambah rasa keingintahuannya , seperti komputer.

2. Menyediakan kehidupan yang seimbang, kehidupan yang penuh dengan cinta,memberikan waktu yang cukup untuk istirahat serta gizi yang baik dapat membuat anak berprestasi disekolah. Batasi menonton tivi dan main game agar mereka tidak membuang waktu dengan hal yang tidak bermanfaat.

3. Membaca setiap hari untuk anak. Sebagian besar proses belajar dimulai dengan membaca. Dengan menceritakan buku kepada anak secara tidak langsung kita mengajarkan anak untuk membaca. Bacakan dengan keras kata-kata yang menurutnya sulit untuk dibaca sendiri ini akan dapat memperluas kosa kata da pengalaman mereka .

4. Dorong mereka membaca lebih dalam. Saat anak melanjutkan sekolah yang lebih tinggi , mereka akan mempelajari segala hal yang dicetak. Semakin banyak yang dibaca akan semakin baik pula kemampuan membacanya. Pastikan dirumah variasi bacaan yang mendorong anak untuk membaca.

5. Tunjukan bagaimana mengorganisir sesuatu. Anak yang biasa hidup teratur lebih mudah untuk meraih kesuksesan. Bagaimana cara mengorganisir sesuatu dengan baik adalah dengan memberi contoh. Seperti penggunaan tabel, kalender , buku catatan ataupun binder.

6. Ajari kemampuan mereka belajar dengan efektif. Kemampuan belajar sangat penting untuk anak meraih nilai baik. Ajari membaca teks dengan baik, menghapal, dan mempersiapkan ujian seacara efesien. Dorong anak untuk belajar secara rutin dan tidak terganggu oleh siapapun.

7. Dorong anak untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam kelas. Mendengarkan adalah hal yang mudah untuk anak belajar. Nasihatkan anak untuk rajin mencatat.Dengan ini anak bisa berkonsentrasi dalam mendengarkan guru. Dorong anak untuk berpartisipasi dalam kelas, ini akan meningkatkan keinginan mereka untuk belajar.

8. Bantu anak untuk mempelajari bagaimana menyelesaikan pekerjaan rumah. Dengan mengerjakan pekerjaan rumah menguatkan apa yang mereka pelajari disekolah. Tekankan bahwa pekerjaan rumah menjadi sebagian tanggung jawab mereka. Dan jadikan itu sebagai pengalaman dalam belajar.

9. Bicarakan mengenai sekolah kepada anak anda. Tunjukan ketertarikan anda dalam mendengarkan ceritanya sepulang sekolah, tanyakan tentang tugas-tugasnya yang dibawa pulang dan bila menemui masalah selesaikan dengan anak anda.

10. Bangun hubungan yang baik dengan guru anak anda. Komunikasi antara rumah dan sekolah akan membuat anak berkelakuan baik disekolah dan dapat melihat masalah dengan jelas. Dan menjadi sukarelawan sekolah ini juga dapat membantu para guru.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda